Berikut beberapa Kelainan LAN yang
dapat kita ketahui dengan melihat tampilan icon notification pada sisi bawah
kanan taskbar window seperti berikut :
1.
Tanpa ada icon Network Connection :
Penyebab
:
Kemungkinan
saat setting pilihan show icon belum dipilih/ di check list atau Network di: disable..
2.
Ada icon Network Connection tapi silang ,merah:
Penyebab
:
Jaringan
secara fisik tidak terhubung ke komputer. Periksa konektor RJ 45 atau kabel UTP
atau periksa apakah swith nyala atau tidak.
3.
Ada icon Network Connection tapi tanda seru kuning :
Penyebab
:
Jaringan
secara fisik telah terhubung dengan baik kemungkinan server gagal memberikan IP
ke Network atau terjadi IP Conflict (IP sama dengan komputer lain di jaringan).
Jika IP diberikan secara manual ganti dengan IP yang lain.
4.
Ada icon Network Connection tapi berputar-putar terus :
Penyebab
:
Jaringan
secara fisik telah terhubung dengan baik kemungkinan server gagal memberikan IP
ke Network atau terjadi IP Conflict (IP sama dengan komputer lain di jaringan).
Jika IP diberikan secara manual ganti dengan IP yang lain.
4.
Ada icon Network Connection :
Penyebab :
Jaringan secara fisik telah terhubung
dengan baik kemungkinan server gagal memberikan IP ke Network atau terjadi IP
Conflict (IP sama dengan komputer lain di jaringan). Jika IP diberikan secara
manual ganti dengan IP yang lain.
Troubleshooting masalah jaringan pada sebuah komputer yang tidak bisa mengakses jaringan.
Jika sebuah komputer mengalami masalah
komunikasi jaringan, sebenarnya banyak kemungkinan sumber masalah yang
melatarbelakanginya. Permasalahan bisa jadi terletak pada stack protocol
TCP/IP, bisa jadi terletak pada protocol layer data-link, atau mungkin
saja dikarenakan masalah kerusakan piranti jaringan atau mungkin saja
terputusnya kabel patch jaringan.
Untuk memudahkan troubleshooting masalah
jaringan, sudah seharusnya disiapkan dokumentasi jaringan dari mulai
diagram jaringan secara keseluruhan, system infrastructure fisik dan
logical anda seperti system layanan directory, server domain name
system, layanan DHCP server jaringan, dll.
- Apabila user hanya bisa logon menggunakan user admin account untuk mengakses resource jaringan maka periksa user account tersebut apakah masih valid, apakah user-name dan password sudah benar, apakah user-account tidak expired atau mungkin account lock-out yang biasanya dibarengi dengan system error sewaktu logon.
- Apabila user sama sekali tidak bisa logon untuk bisa mengakses resource jaringan meskipun telah menggunakan user admin account, maka logon ke komputer dengan menggunakan local admin account dan periksa konfigurasi protocol TCP/IP dengan command line “ipconfig /all”, periksa hasilnya apakah komputer sudah mendapatkan IP address dari DHCP server atau tidak? Periksa property TCP/IP nya apakah sudah di-setup untuk menerima IP address otomatis “obtain an IP address automatically” dan juga “obtain DNS server automatically”. Jika setup-nya salah, betulkan terlebih dahulu untuk menerima IP address secara automatis lalu coba kembali apakah user bisa logon dan bisa mengakses resource jaringan?
- Apabila konfigurasi normal, tetapi tidak menerima IP address maka periksa apakah kabel patch ke tembok (ke arah Switch) terputus atau tidak, atau mungkin lepas. Jika kabel patch terputus, ganti dengan kabel yang bagus. Jika kabel terlepas, colokkan kembali dengan benar, lalu coba kembali apakah user bisa logon dan bisa mengakses resource jaringan?. Jika tidak, periksa apakah indikator lampu led pada adapter LAN/NIC pada komputer berkedip atau tidak, biasanya ada dua lampu led – lampu jaringan yang selalu berkedip dan lampu power yang biasanya berwarna hijau konstan. Jika kedua lampu led indicator nyala, maka seharusnya tidak ada masalah dengan jaringan.
- Apabila indikator lampu led pada adapter LAN/NIC pada komputer tidak menyala, logon dengan menggunakan account admin local dan periksa apakah “LAN Card” di-disabled. Apabila “LAN Card” di-disabled maka lakukan klik kanan dan pilih opsi “enabled” terus test lagi dengan melakukan “ipconfig /all” apakah IP address sudah diterima? Kalau belum, coba lagi dengan command “ipconfig /renew”, jika sudah dapat berarti sudah OK.
- Apabila logon dengan menggunakan account admin local dan setelah
diperiksa ternyata “LAN Card” enabled maka ganti kabel patch dengan yang
baru/bagus. Apabila masih belum bisa logon dan mengakses resource
jaringan, berarti ada tiga kemungkinan sumber masalah :
- NIC adapter rusak
- Port Switch faulty
- Kabel LAN antara sambungan di tembok ke Swicth bermasalah, bisa jadi kabel tersebut diserang / digigit tikus
- Apabila ada LAN tester, itu akan memudahkan untuk melakukan testing
ke port RJ45 di wall-jack (sambungan ditembok), apakah ada sinyal LAN
atau tidak?
- Jika ada sinyal LAN maka bisa dipastikan LAN adapter rusak. Ganti NIC adapter lalu coba kembali apakah user bisa logon dan bisa mengakses resource jaringan?
- Jika tidak ada sinyal LAN, maka bisa dipastikan sekarang bahwa sumber masalah adalah kabel antara sambungan di tembok (wall-jack) dengan Switch bermasalah. Tariklah kabel baru antara wall-jack ke switch.
- Selesai
Untuk melakukan troubleshooting
masalah jaringan jika seluruh jaringan local tidak bisa mengakses keluar
Internet atau jika telecommuter tidak bisa mengakses jaringan corporate
secara remote dapat digunakan tool seperti: tracert, ping dan pathping.
Ketiganya sangat efektif untuk membantu dalam melakukan troubleshooting
masalah jaringan antar site. Mungkin saja ada masalah dengan circuit
switch frame relay di central office, atau jaringan leasing
point-to-point ke ISP, atau bisa saja ada masalah dengan jaringan
satellite (jika di remote site). Dan biasanya perlu dilakukan
troubleshooting pada layer network pada model referensi OSI.
+ komentar + 1 komentar
jasa instalasi jaringan lan kantor
Matahari komputer. adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang service komputer,laptop,printer,installasi jaringan dan design
website. kami melayani jasa instalasi jaringan lan kantor seperti
kantor,warnet,sekolahan,cafe,kos kosan dan gedung. bila anda ingin membangun sebuah jaringan local komputer,wifi/hostpot
silahkan hubungi kami Hub : 081294209696
Berkut ini adalah pemasangan yang biasa di temui:
1. Installasi jaringan lan baru
2. installasi jaringan Wifi
3. Pemasangan router/Wifi tambahan
4. Install Billing System untuk warnet
5. Pembagian bandwidth untuk komputer
6. Installasi wifi/hospot mikrotik
7. Installasi jaringan telephone Pabx
8. Sharing Printer / data
9. Setting IP static / dynamic
10. Setting mikrotik
11. Pasang wifi untuk kosan
Silahkan Hubungi Kami
081294209696
Bilawal.rifai96@gmail.com
http://www.mataharikomputer.com/jasa_instalasi_jaringan_lan_kantor.html
Posting Komentar